Responsive image

Jurusan Manajemen

D3 Kesekretariatan

Responsive image

POSTING - 01 Juli 2021

Uji Kompetensi SKPI Bidang Kesekretariatan

images

Dinamisasi perekonomian yang semakin cepat, menyebabkan semakin ketatnya persaingan dalam dunia pendidikan khususnya dunia pendidikan tinggi. Program Studi D3 Kesekretariatan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember merupakan salah satu program studi yang membutuhkan peningkatan kompetensi lulusan yang memiliki keunggulan bersaing (competitive advantage) sebagai bekal memasuki dunia kerja.

Salah satu faktor yang mendukung profesionalisme seorang calon sekretaris adalah adanya SKPI atau Surat Keterangan Pendamping Ijazah yang relevan di bidangnya, yaitu bidang kesekretariatan itu sendiri. SKPI ini dikeluarkan untuk mendampingi ijazah dan transkrip akademik. SKPI menerangkan kemampuan yang dibutuhkan sebagai prasayarat dalam persaingan dunia kerja dilihat dari latar belakang lulusannya.

Untuk mengakomodir hal di atas maka Program Studi D3 Kesekretariatan akan mengadakan Uji Kompetensi untuk dapat memberi bekal pengetahuan dan keterampilan pada mahasiswa calon tenaga kerja masa depan yang pada akhirnya dapat menambah SKPI mahasiswa sesuai dengan bidang Kesekretariatan antara lain meliputi kompetensi bidang pemetaan tugas pimpinan, surat menyurat, anggaran masuk dan keluar, konferensi perusahaan, notulen rapat, dokumentasi arsip, administrasi kesekretariatan, korespondensi, Service Excellent, pengelolaan arsip dan perkantoran yang relevan dengan keunggulan prodi. Semua keterampilan itu dapat dirangkum dalam kegiatan Peningkatan Kompetensi Lulusan Melalui Kegiatan Uji Kompetensi SKPI Bidang Kesekretariatan.

  1. Pada hari pertama

Zoom Meeting

Ibu Dr. Yusnita Octafilia dan Dr. Tri Yulistiawati Evelina selaku pemateri pada kegitan ini menjelaskan serta memberikan materi tentang Pengantar Kesekretariatan, Etika Profesi, Pengaturan & Pengorganisasian Pekerjaan, Formulir Kantor, Pengelolaan Informasi, dan Penyelenggaraan Rapat) melalui zoom kepada mahasiswa D3 Kesekretariatan 2019.

Responsive image
  1. Pada hari kedua

Zoom Meeting

Ibu Dr. Yusnita Octafilia dan Dr. Tri Yulistiawati Evelina selaku pemateri pada kegitan ini menjelaskan serta memberikan materi tentang Manajemen Telepon, Pengaturan Perjalanan Dinas, Pengelolaan Kas Kecil, Penanganan Surat Masuk & Keluar Sistem Kartu Kendali, Perbankan Untuk Sekretaris, Syarat-syarat Menjadi Sekretaris  melalui zoom kepada mahasiswa D3 Kesekretariatan 2019.

  1. Pada hari ketiga

Zoom Meeting

Mahasiswa D3 Kesekretariatan 2021 di uji mengenai Bidang Kesekretariatan oleh PT. Hutama Indonesia.


AKREDITASI


PINTASAN #


FEB UNEJ
GALERI FOTO




FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

Responsive image